MAKALAH TELECONFERENCE


TELECONFERENCE

Makalah ini diajukan sebagai tugas mata kuliah
Pengenalan Teknologi Informasi
Dosen Pengampu : Septia Lutfi,S.Kom, M.Kom

Oleh
Uldi Guntur Pratama
12180861/management’18

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI BANK BPD JATENG
JL. PEMUDA 4 A SEMARANG 50139 TELP.(024) 3553834, 3553285, FAX (024) 3560130
www.stiebankbpdjateng.ac.id email :  info@stiebankbpdjateng.ac.id





KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat rahmat-Nya jualah sehingga penulis dapat menyusun dan melaksanakan makalah  yang berjudul “TELECONFERENCE”.  Meskipun membutuhkan sedikit kerja keras dan kesabaran, tetapi dapat membuahkan suatu karya yang memuaskan.

Ucapan terima kasih juga penulis sampaikan untuk dosen serta semua pihak atas kontribusi dan bantuan secara langsung maupun tidak langsung dalam membantu tersusunnya karya ilmiah ini.
Dalam penulisan makalah ini, disadari sepenuhnya belum sempurna bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan, baik dari segi penulisan maupun materi. Untuk itu diharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun guna dapat menyempurakan kelengkapan makalah lainnya dimasa yang akan datang.
Karya ilmiah ini dibuat untuk memaparkan apa saja pengaruh perkembangan teknologi terutama tentang teleconference dan dampak nya bagi kehidupan modern.

Semoga karya ini bermanfaat dan mencapai kehidupan yang lebih baik juga dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca.

Semarang, 2 Desember 2018

Penulis
                                              





DAFTAR ISI
   
HALAMAN JUDUL ........................................................................................          i
KATA PENGANTAR ......................................................................................          ii
DAFTAR ISI .....................................................................................................         iii

BAB I      PENDAHULUAN ............................................................................          1
1.1  Latar Belakang ............................................................................          1
1.2  Rumusan Masalah ........................................................................          2
1.3  Tujuan Penulisan .........................................................................          2
1.4  Manfaat Penulisan .......................................................................          2

BAB II    PEMBAHASAN ...............................................................................          3
2.1  Apa definisi dari Teleconference?
2.2  Bagaimana perkembangan Teleconference di Indonesia?
2.3 Apa kegunaan Teleconference?
2.4  Bagaimana manfaat Teleconference bagi kemajuan teknologi modern saat ini?
2. 5  2.      Apakah contoh dari Teleconference?
2.6  Apa dampak Teleconference terhadap kehidupan saat ini?
 2.7. Apa saja keuntungan dan kekurangan dari Teleconference
 2.8. Apa saja jenis-jenis Teleconference di Indonesia?                             

BAB III   PENUTUP .........................................................................................          9
3.1  Kesimpulan ..................................................................................          9
3.2  Saran ............................................................................................          9
DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

1.  Latar Belakang
   
Waktu yang terus berputar kini telah menghadirkan perubahan yang begitu signifikan. Kehidupan yang semula penuh dengan kesederhanaan kini berubah menjadi sangat modern. Sesuatu yang melandasi hal tersebut ialah teknologi. Dengan hadirnya teknologi, segala aspek kehidupan kini berubah sangat drastis.
Teknologi membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah dalam melakukan aktivitasnya. Manusia tidak dapat terlepas dari teknologi. Dengan adanya teknologi, komunikasi yang dahulunya sangat lama untuk disampaikan, kini dapat disampaikan dengan cepat dan efisien. Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.
Dalam era kompetisi seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan sangat menentukan. Untuk institusi pertahanan yang memiliki satker yang terpisah-pisah, kendala utama dalam pengambilan keputusan adalah masalah jarak dan waktu. Sangatlah sering para pimpinan satker melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkin hanya berlangsung dalam hitungan jam, tetapi effort yang diberikan sangat besar.
Salah satu kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan seminar adalah adanya jarak yang cukup jauh antara peserta yang menjadi target seminar tersebut dengan pembicara yang piawai untuk membahas materi dalam seminar tersebut. Contohnya sebuah seminar yang dilaksanakan di Jakarta, kemungkinan besar hanya dihadiri oleh peserta yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Padahal, jika seminar ini dapat diikuti dari kota lain yang letaknya jauh tanpa harus datang ke Jakarta, akan memberikan manfaat yang besar baik bagi peserta maupun penyelenggara seminar. Salah satu solusi yang dapat ditempuh untuk mengatasi kendala ini adalah dengan menyelenggarakan seminar tersebut dengan metode Teleseminar.         Teleseminar adalah seminar yang dilakukan secara teleconference yang melibatkan beberapa lokasi secara bersamaan, dimana masing-masing lokasi dihubungkan dengan media videoconferencing. Dengan sistem ini, sebuah seminar dapat diikuti oleh peserta dari beberapa lokasi sekaligus. Selain itu, pembicara juga tidak harus berada pada satu lokasi saja, tetapi dia dapat memilih di lokasi mana dia berada, sehingga seorang pembicara dapat menyampaikan materi seminar darimana saja selama dia memiliki akses ke sistem videoconferencing yang digunakan untuk Teleseminar tersebut. Dalam kaitan dengan Rakor Litbang biasanya penyelenggaraannya dilakukan secara bergiliran. Yang menjadi permasalahan utama, adalah adanya keterbatasan ruangan yang tersedia dan biaya penyelenggaraan. Hal tersebut mengakibatkan jumlah peserta dibatasi, padahal materi yang disajikan sangat diharapkan dapat sampai ke komunitas litbang dalam rangka keterpaduan perencanaan dan penelitian. Hal ini sebenarnya dapat di atasi dengan menggunakan videoconferencing. Rakor Litbang dapat berlangsung tanpa harus hadir secara fisik, sehingga kapasitas peserta yang dituju dapat tercapai atau sasaran tercapai.
Perangkat Teleconference merupakan alat untuk melakukan pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telephone atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi. Perangkat Teleconference termasuk alat untuk melakukan konferensi video
Di Indonesia, terdapat beragai layanan untuk peralatan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensi atau teleconference tersebut.

2.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang, maka permasalahan dalam tulisan ini adalah:
1.      Apa definisi dari Teleconference?
2.      Bagaimana perkembangan Teleconference di Indonesia?
3.      Apa kegunaan Teleconference?
4.      Bagaimana manfaat Teleconference bagi kemajuan teknologi modern saat ini?
5.      Apa dampak Teleconference terhadap kehidupan saat ini?
6.      Apa saja keuntungan dan kekurangan dari Teleconference
7.      Apa saja jenis-jenis Teleconference di Indonesia?

1.3  Tujuan Penulisan 
Tulisan ini bertujuan :
1.      Untuk mengetahui kegunaan Teleconference
2.      Menambah wawasan mengenai manfaat Teleconfernce
3.      Memberikan pengetahuan mengenai dampak Teleconference
4.      Untuk mengetahui keuntungan dan kekurangan Teleconference
5.      Untuk mengetahui jenis jenis Teleconference di Indonesia
1.4  Manfaat Penulisan
Adapun manfaat penulisan ini antara lain :
1.      Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang hal-hal yang berhubungan dengan teleconference
2.      Sebagai bahan referensi untuk pembaca.
3.      Dapat melatih siswa pada umumnya dan penulis pada khususnya dalam mengembangkan wawasan diri untuk menyusun sebuah karya tulis secara sistematis dalam bentuk karya ilmiah.




BAB II
PEMBAHASAN

1.        Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya Jadi, juga berbagi aplikasi.
Sistem telekomunikasi dapat mendukung teleconference karena menyediakan satu atau lebih dari berikut ini: audio, video, dan / atau layanan data oleh satu atau lebih berarti, seperti telepon, komputer , telegraf, teletip, radio, dan televisi.
Di Indonesia, terdapat beragai layanan teleconference melalui telepon baik fixed maupun mobile (Audio Conference) yang mempunyai kemampuan untuk melayani percakapan sampai 30 pemanggil dalam satu konferensi. Jumlah peserta dapat diatur sesuai dengan keinginan penyelenggara konferensi. Sistem conference atau konferensi juga bisa dilengkapi dengan PIN (Personal Identification Number) sehingga menjamin kerahasiaan suatu konferensi dari pemanggil yang tidak diundang dalam telekonferensiatau teleconference tersebut.
2.                  Perkembangan Teleconference
Perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan pada proses penyampaian informasi. Bentuk informasi yang disampaikan tidak hanya audio, tetapi juga visual. Konferensi video menggunakan telekomunikasi audio dan video untuk membawa orang-orang di berbagai tempat mengadakan rapat bersama.
Konsep konferensi video sama seperti percakapan antara dua orang (point-to-point) atau melibatkan beberapa tempat (multi-point) dengan lebih dari satu orang di ruangan besar pada tempat berbeda. Selain pengiriman audio dan visual kegiatan pertemuan, konferensi video dapat digunakan untuk berbagi dokumen, informasi yang diperlihatkan komputer, dan papan tulis. Konferensi video analog sederhana dapat ditetapkan sebagai awal penemuan televisi. Sistem konferensi video biasanya terdiri dari dua sistem sirkuit televisi tertutup yang terhubung melalui kabel. Sejak awal penerbangan pertama ke luar angkasa, NASA menggunakan dua frekuensi radio (UHF atauVHF).
Saluran televisi secara rutin menggunakan konferensi video semacam ini misalnya ketika melaporkan dari lokasi jauh. Kemudian hubungan aktif ke satelitmenggunakan truk dengan peralatan khusus menjadi agak lazim. Teknik ini sangat mahal dan tidak bisa digunakan untuk aplikasi seperti telemedicine, pendidikan jarak jauh, dan pertemuan bisnis. Usaha menggunakan jaringan telepon normal untuk mengirim video scan lambat, seperti sistem pertama yang dikembangkan oleh AT&T , sebagian besar gagal karena kualitas gambar yang kurang baik dan ketiadaan teknik kompresi video yang efisien. Pada 1970-an, semakin besar 1 MHz bandwidth dan 6 Mbit/s angka bit dari Picturephone tetapi tidak juga menyebabkan layanan menjadi makmur.
Pada 1980-an, jaringan pengiriman telepon digital menjadi mungkin, seperti Integrated Services Digital Networks atau ISDN, meyakinkan angkat bit minimum (biasanya 128 Kbps) untuk pengiriman kompresi audio dan video.Sistem terdedikasi pertama mulai muncul di pasar sebagai perluasan jaringan ISDN di seluruh dunia. Pada 1990-an, sistem telekonferensi video berkembang dengan cepat dari peralatan pribadi sangat mahal, perangkat lunak dan persyaratan jaringan untuk teknologi berbasis standar yang tersedia untuk masyarakat umum dengan biaya yang wajar.
Akhirnya, pada 1990-an, Internet Protocol atau IP berbasis konferensi video menjadi mungkin dan teknologi kompresi video lebih efisien telah dikembangkan sehingga memungkinkan desktop atau komputer pribadi berbasis konferensi video. Pada 1992, CU-SeeMe dikembangkan di Cornell oleh Tim Dorcey et al., IVS dirancang di INRIA, telekonferensi video tiba ke masyarakat dan layanan gratis, web plugin dan perangkat lunak, seperti NetMeeting, MSN Mesengger, Yahoo Messenger, SightSpeed, Skype dan lain-lain membawa kemurahan, meskipun kualitas rendah.
3.                  Kegunaan teleconference
Dalam era kompetisi seperti saat ini, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan sangat menentukan. Untuk institusi yang memiliki satuan kerja yang terpisah-pisah, kendala utama dalam pengambilan keputusan adalah masalah jarak dan waktu. Sangatlah sering para pimpinan melakukan perjalanan yang cukup jauh untuk sekedar menghadiri rapat yang mungkin hanya berlangsung dalam hitungan jam, tetapi effort yang diberikan sangat besar.

Adapun faktor – faktor yang mendorong memanfaatkan teknologi ini adalah :
1.      Waktu keterbatasan waktu sangat mempengaruhi bagi setiap individu khususnya bagi para pengambil keputusan, hal ini disebabkan oleh kesibukan dari aktifitas individu tersebut.
2.      Biaya Faktor ini sudah jelas bahwa dibeberapa tempat untuk bisa mengundang seorang datang ke suatu tempat lain membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Mulaidari biaya tiket pesawat, biaya travel perjalanan, biaya transpot, biaya penginapan, dll.
3.      Jarak Faktor ini juga mempengaruhi mengapa sangat dibutuhkannya teknologi ini. Di beberapa tempat,Jarak untuk mencapai suatu tempat sangatlah jauh dan terkadang sulit untuk dicapai sehinggamembutuhkan tenaga dan waktu yang lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan untuk menghadiri pertemuan tersebut. Hal ini menyebabkan adanya ketidakefisienan pemanfaatan tenaga & waktu karena jarak yang terlalu jauh.Dengan membahas secara lisan dan saling melihat dari bahasa tubuh dengan menggunakan telecoference, setiap peserta dapat berbagi informasi dan segera memberikan tanggapan atauumpan balik, semua tanpa harus bertemu satu sama lain secara langsung.

Beberapa pemanfaatan teleconference dalam pengambilan keputusan di berbagai bidang :

1. Ekonomi
Dengan video-conference pengusaha dapat melakukan pertemuan-pertemuan bisni penting dengan biaya yang lebih murah dan waktu yang lebih hemat dibandingkan harus melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri.

2. Pendidikan
Teleconference membantu siswa dari berbagai negara dan budaya yang berbeda dan belajar darisatu sama lain. Virtual lapangan juga terlihat dengan penggunaan teknologi ini, khususnya siswa yang terisolasi secara geografis, secara ekonomis atau tidak. Dengan menggunakan Teleconference dengan kemungkinan majikan di kota lain, para siswa dapat lulus efektif terbaik untuk pertanyaan wawancara kemungkinan kerja setelah sekolah. Dalam semua cara mungkin, Teleconference sebenarnya membantu siswa belajar lebih lanjut.

 3. Medis
Di bidang medis, Teleconference juga dapat membantu pengambilan keputusan dalam hal berbagi diagnosa, konsultasi, dan transmisi foto medis diperlukan. Dengan penggunaan Teleconference, pasien dapat decontrol dengan baik oleh dokter dan perawat baik secara rutinatau dalam situasi darurat, sehingga menyimpan lebih hidup dan membuat penggunaan manfaat kesehatan.
Contoh dari Teleconference

·         Skype

Deskripsi

Skype adalah aplikasi instant messenger video call milik Microsoft yang lumayan lengkap, kita bias melakukan video call ke sesama pengguna skype secara gratis, kita bias juga mengirim pesan SMS dan call ke perangkat telpon namun untuk fitur ini skype memiliki kredit yang berbayar.


Fitur
Anda terhubung dengan teman, keluarga, klien atau rekan kerja, Anda bisa lebih memaksimalkan percakapan Anda melalui fitur-fitur panggilan Skype terbaru.
·         Panggilan Antar Skype. ...
·         Lakukan panggilan ke ponsel dan telepon rumah. ...
·         Panggilan grup. ...
·         Nomor Skype. ...
·         Teruskan panggilan. ...
·         ID Penelepon. ...
·         Skype To Go.
Akses
Untuk mendapatkan skype, anda cukup mengunjungi dan mengunduhnya di https://www.skype.com/id/

Rekomendasi Penggunaan

Karena penggunaan skype hanya bias dilakukan antar pengguna skype saja maka, penggunaan yang tepat dari aplikasi ini (berdasarkan pengalaman)
1.      Kuliah Online
2.      Rapat Online

·         Skype For Business

Deskripsi
Skype for business secara cara kerja hampir sama dengan skype biasa, namun ada beberapa fitur yang tidak terdapat dari skype biasa. Oh ya skye for business ini adalah pengembangan lebih lanjut dari produk Microsoft lainnya yang bernama Lync.
Fitur Canggih Pada Skype for Business
Skype for Business kini bisa Anda nikmati sebagai salah satu fitur dari Microsoft Office 365. Kini Skype telah dilengkapi banyak fitur pendukung, di mana Anda dapat menikmati kegiatan bisnis dengan nyaman dan mudah dengan mencoba beberapa kelebihan berikut:
·         Interface yang mudah digunakan
·         Panggilan video lebih dari satu orang
·         Panggilan suara
·         Adanya kolom komentar, dan sebagainya.
Manfaat Skype untuk Keperluan Bisnis
Ada banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Skype for Business di Microsoft Office 365, antara lain sebagai berikut:
·         Lebih Hemat
Selain menghemat biaya karena menggunakan jaringan internet dan tanpa pulsa, Anda juga dapat lebih efisien waktu. Anda dapat melakukan dua pekerjaan penting sekaligus, misalnya melakukan rapat penting saat sedang berada di luar kota.
·         Komunikasi Lebih Baik
Dalam urusan bisnis, tentu saja hubungan dengan mitra kerja dengan perusahaan lain sangat penting. Skype for Business bisa digunakan untuk mempererat silahturahmi dan komunikasi dengan rekan bisnis Anda.
·         Memantau Perusahaan
Tanpa harus hadir langsung dan meninggalkan urusan lain yang lebih penting, Anda dapat dengan mudah memantai jalannya bisnis di tempat lain. Dengan menggunakan panggilan pada Skype, tak hanya suara bahkan Anda dapat melihat perkembangan secara langsung melalui panggilan video.
·         Sangat Kompatibel
Tidak harus menggunakan media komputer ataupun laptop melainkan Skype for Business dapat digunakan di berbagai gadget, seperti smartphone dan tablet. Hal ini tentu saja sangat memudahkan ketika Anda harus menghadiri rapat mendadak kapan pun dan di mana pun.
·         Terhubung dengan Office
Skype for Business di Office 365 tentu Office tentu membuat kegiatan bisnis lebih mudah. Anda dapat menggunakan aplikasi Office saat sedang berkomunikasi lewat Skype, misalnya membuka dokumen word, memperlihatkan grafik pada Excel, Power Point, dan sebagainya.
Fitur yang sangat berguna dari skype for business ini salah satunya adalah Undangan URL, dengan fitur ini kita bias mengadakan pertemuan secara online dengan membagi URL dari kegiatan tersebut dan orang yang mendapatkan undangan tersebut dapat mengaksesnya tanpa harus mempunyai account skype for business. Kekurangan dari skype for business ini adalah aplikasi berbayar/premium. Kemudian fitur yang menarik lainnya yaitu tampilan pada video mengikuti face detection user,

Akses

Pelajari lebih lanjut tentang aplikasi ini dengan mengunjungi web https://www.skype.com/id/business/

Rekomendasi Penggunaan

Penggunaan skype for business ini cocok untuk
1.      Seminar online
2.      Kuliah online
3.      Rapat online

·         Cisco WebEx

Deskripsi

Perbedaan cisco webex dengan aplikasi 2 diatas , kalua skype dan skype for business berupa aplikasi desktop yang harus diinstal, kalua cisco webex berbasi web, jadi kita tidak perlu install aplikasi apapun, kemampuan dari csco webex pun cukup mumpuni untuk digunakan sebagai platform teleconference, versi gratis dari aplikasi ini bias digunakan oleh user terbatas untuk satu kegiatan pertemuan, aplikasi berbayar untuk cukup mahal dalam segi penggunaannya, ini bias dilihat dari segi fitur dan harga yang ditawarkan.

Fitur

Karena penulis pernah mencoba versi gratisnya saja, fitur yang disediakan sangat terbatas namun cukup untuk kebutuhan seperti kuliah online dan rapat online

Akses

Untuk mencoba aplikasi ini bias mengunjungi alamat web https://www.webex.com/

Rekomendasi Penggunaan

1.      Kuliah Online
2.      Rapat Online
3.      Di dunia kerja modern saat ini, kamu pasti tidak asing dengan istilah “bekerja dari rumah.” Ini biasanya istilah umum yang di dengar di dunia bisnis untuk orang yang bekerja dari jarak jauh atau di rumah. Dalam kondisi kerja seperti itu, peralatan dan aplikasi video conference atau konferensi video sangat diperlukan untuk berkomunikasi dengan karyawan.
4.      Berikut adalah 4 aplikasi konferensi video terbaik berbayar yang cocok untuk pengguna komputer Windows dan Linux, serta smartphone Android dan iOS. Aplikasi ini terbukti sebagai platform komunikasi hebat untuk memudahkan bisnis kamu seperti dikutip dari systweak.

·         Hang Out
Jika aktivitasmu sering melibatkan banyak orang, kamu bisa memanfaatkan Google Hangouts untuk melibatkan hingga 150 orang dalam sebuah percakapan kelompok. Peserta percakapan adalah teman yang ada di dalam kontak akun Google kamu.
Punya proyek kolaborasi antar departemen di kantor? Asalkan punya akun Google Hangouts, komunikasi dan kerjasama bisa kamu lakukan dengan lebih mudah dan cepat. Tidak perlu menambah platform aplikasi messenger lain, kamu bisa langsung berkomunikasi melalui satu akun saja.

Ekspresikan lebih banyak interaksi dengan pesan status dan lampiran

Tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dua arah melalui pesan teks, gambar, audio, dan video, manfaatkan juga fitur interaktif pada aplikasi Google Hangout.
Fitur-fitur interaktif ini bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan fungsi jendela obrolan agar lebih informatif.
Meski penggunaan Google Hangouts berbasis akun email yang terasosiasi dalam ruang lingkup aktivitas kantor yang formal, percakapan masih bisa kamu lakukan dengan menambahkan animasi yang interaktif.
Beragam stiker dan animasi GIF bisa kamu gunakan agar interaksi menjadi lebih menarik dan tidak kaku. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melampirkan data multimedia dengan mudah, misalnya dengan mengirimkana foto, video, atau lokasi melalui jendela percakapan.

Mengubah percakapan menjadi panggilan video berkelompok

Aktivitasmu bersinggungan dengan orang lain ketika sedang mengobrol dengan seorang teman?
Mungkin seringkali terjadi, ketika sedang membahas sebuah proyek bersama project officer di kantor, lalu kamu membutuhkan bantuan dari rekan kerja yang lain. Jika hal ini terjadi, kamu bisa langsung menambahkan rekan kerjamu ke dalam jendela percakapan lho.
Percakapan ini bisa kamu lakukan secara gratis dengan jumlah maksimal peserta sebanyak 10 kontak.
Kamu juga bisa melakukan panggilan ke semua nomor telepon apa pun. Meski memiliki perbedaan waktu, asalkan kamu menghubungi kontak pengguna Hangouts, panggilan bisa kamu lakukan secara gratis.

Manfaatkan konektivitas lintas perangkat

Apakah Google Hangouts bisa diakses melalui smartphone? Kamu bisa tetap terhubung dengan semua kontak akun meski kamu menggunakan berbagai jenis perangkat yang berbeda.
Google Hangouts memiliki kompatibilitas penggunaan untuk perangkat Android dan juga iOS. Tentunya, kamu juga bisa memanfaatkan fungsi Google Hangouts untuk dioperasikan menggunakan browser.
Kesesuaian lintas perangkat ini bisa kamu nikmati dengan mudah setelah melakukan sinkronisasi obrolan di semua perangkat yang dimiliki.
Hal ini bisa mempermudah kamu untuk tetap bergabung dalam setiap aktivitas di kantor. Kamu bahkan bisa bergabung dalam meeting secara virtual meski sedang berada di dalam perjalanan dinas.

Hubungi akun pada kontakmu meski dalam keadaan offline

Sering mengalami permasalahan koneksi yang menghambat komunikasi dengan rekan kerja? Penggunaan Google Hangouts memungkinkan kamu untuk bisa menghubungi akun rekan kerjamu setiap saat, meski kamu sedang kehilangan koneksi dan offline untuk sementara waktu.
Ketika akun kamu sudah terhubung kembali dengan koneksi, pesan akan terkirim tanpa harus mengulang proses pengiriman.
Tidak perlu buat akun messenger lain, jika kamu menggunakan platform Google, fungsi Google Hangouts bisa kamu manfaatkan dengan lebih praktis bukan?

Beberapa pemanfaatan teleconference dalam khidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
A.            Bagi Pelajar
1. Bisa dibuat untuk percontohan pada pelajar atau siswa agar mengerti tentang bagaimana penggunaan   teleconference itu sendiri
2.  Menambah wawasan bagi pelajar tentang apa itu teleconference
3.  Memudahkan siswa saat akan melakukan kegiatan teleconference sendiri
4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan berpartisipasi dalam bentuk komuniukasi dua arah.
5. Siswa mampu mengeksplorasi , berkomunikasi, menganalisis, dan berbagi informasi dan ide dengan stu sama lain
6. Siswa dapat mengunjungi bagian bagian lain dari dunia untuk berbicara dengan orang lain, mengunjungi kebun binatang, museum dan sebagainyauntuk belajar.

B.             Bagi Guru atau Dosen
1.      Mengajarkan pada murid muridnya tentang telecoference
2.      Membuat murid mengenal teleconference sejak remaja agar mudah pengaplikasian saat dewasa
3.      Guru dan dosen dari seluruh dunia dapat dibawa ke kelas dareah terpencil.
4.      Untuk berkomunikasi secara langsung diantara beberapa guru yang biasanya jarak jauh

C.             Bagi Perusahaan
1.      Memudahkan perusahaan dalam hal jarak tempuh yang jauh dan sebagainya
2.      Memudahkan perusahaan embahas masalah bersama walau tidak berada pada satu tempat yang sama
3.      Jika suatu pemimpin negara ingin melakukan wawancara dengan suatu sekolah tidak perlu datang langsung di sekolahan tersebut cukup dengan teleconference saja.
4.      Teleconference dapat memungkinkan pengusaha di tempat-tempat jauh bisa mengadakan rapat dalam waktu singkat.

4.  Dampak teleconference

A.    Dampak Positif  dari Teleconference adalah sebagai berikut :
a.       Bisa menambah wawasan karena dapat berinteraksi denagan banyak orang.
b.      Memberikan kesempatan kepada seseorang untuk berkomunikasi lebih baik dengan menggunakan informasi yang mereka terima tanpa perlu bertemu secara fisik

B.     Dampak Negatif dari Teleconference adalah sebagai berikut :
a.       Jika menggunakan audio conference seseorang tidak akan melihat wajah dan ekspresipeserta conference.
b.       Hubungan antar manusia secara langsung kurang
c.       Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi kadang melanggar Hak Asasi Manusia

5.  Keuntungan dan kelemahan teleconference
Keuntungan dan Kelemahan Teleconference
A. Dalam Bidang Sosial
Keuntungan :
1.      Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat dapat mempermudah komunikasi antara suatu tempat dan tempat yang lain.
Kerugian :
1.      Dengan semakin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah yang asalnya berupa face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi menjadi hampa.
2.      Seseorang yang terus menerus bergaul dengan komputer akan cenderung menjadi seseorang yang individualis.
3.      Dengan pesatnya teknologi informasi baik di internet maupun media lainnya membuat peluang masuknya hal-hal yang berbau pornografi, pornoaksi, maupun kekerasan semakin mudah.
4.      Kemajuan TIK juga pasti akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dan orang miskin.
5.      Maraknya cyber crime yang terus membayangi seperti carding, ulah cracker, manipulasi data dan berbagai cyber crime yang lainnya
6.      Menurut Paul C Saettler dari California State University, Sacramento, Satu hal yang pasti, interaksi anak dan komputer yang bersifat satu (orang) menghadap satu (mesin) mengakibatkan anak menjadi tidak cerdas secara sosial.


B. Dalam Bidang Pendidikan
Keuntungan :
1.      Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
2.      Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
3.      Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
4.      Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
Kerugian :
1.      Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudahterjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
2.      Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
3.      Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).

C. Dalam Bidang Ekonomi
Keuntungan :
1.      Semakin maraknya penggunaan TIK akan semakin membuka lapangan pekerjaan.
2.      Bisnis yang berbasis TIK atau yang biasa disebut e-commerce dapat mempermudah transaksi-traansaksi bisnis suatu perusahaan atau perorangan
3.      Dengan fasilitas pemasangan iklan di internet pada situs-situs tertentu akan mempermudah kegiatan promosi dan pemasaran suatu produk.
Kerugian :
1.      Dengan mudahnya melakukan transaksi di internet menyebabkan akan semakin memudahkan pula transaksi yang dilarang seperti transaksi barang selundupan atau transaksi narkoba.
2.      Hal yang sering terjadi adalah pembobolan rekening suatu lembaga atau perorangan yang mengakibatkan kerugian financial yang besar.

D. Dalam Bidang Pemerintahan
Keuntungan :
1.      Tenologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut e-government membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancar.
2.      e-government juga dapat mendukung pengelolaan pemerintahan yang lebih efisien, dan bisa meningkatkan komunikasi antara pemerintah dengan sektor usaha dan industri.
                                                                            
3.      Masyarakat dapat memberi masukan mengenai kebijakan-kebijakan yang dibuaat oleh pemerintah sehingga dapat memperbaiki kinerja pemerintah.
         Kerugian :
1.      Semakin bebasnya masyarakat mengakses situs pemerintah akan membuka peluang terjadinya cyber crime yang dapat merusak system TIK pada e-government. Misalnya kasus pembobolan situs KPU ketika penyelenggaraan Pemilu oleh seorang cracker.
6 Jenis-jenis Teleconference
1.      Audio Conference

Audio Conference adalah pertukaran informasi hanya melalui suara dengan medium panggilan telepon yang menghubungkan tiga atau lebih saluran telepon dalam waktu bersamaan. Dari semua jenis telekonferensi, Conference Call paling popular karena memiliki kelebihan sebagai berikut :
a.       Partisipan hanya perlu menggunakan telepon biasa untuk melakukan telekonferensi tanpa alat atau software tambahan.
b.      Dapat digunakan kapan dan dimana saja tanpa perlu melakukan konfigurasi perangkat yang akan digunakan.
c.       Tanpa perlu koneksi internet yang cepat. Karena layanan panggilan konferensi ini menggunakan jalur telepon, maka anda tidak perlu mempunyai jalur koneksi internet yang cepat.

Untuk melakukan conference call, para partisipan diharuskan menelepon nomor tertentu yang akan menyambungkan mereka keconference bridge (peralatan khusus yang menghubungkan jalur-jalur telepon yang masuk menjadi satu) yang disediakan oleh provider conference call. Biasanya ada biaya tambahan yang dikenakan oleh provider conference call bagi penggunanya.
Kongkow Conferencing saat ini merupakan salah satu provider conference call di Indonesia, dan berbeda dengan provider lainnya, pengguna dapat menggunakan fasilitas telekonferensi tanpa perlu melakukan reservasi / booking. Cukup hanya dengan registrasi satu kali saja, anda dapat menggunakan kode PIN yang dapat digunakan berkali kali. Kami juga memiliki paket dasar / paket gratis dimana kami tidak mengenakan biaya apapun juga untuk penggunaan conference bridge kami. Paket dasar ini dibatasi hanya untuk 5 peserta dan maksimal 1 jam tiap kali konferensi. Untuk kebutuhan lebih banyak, kami harapkan anda bisa berlangganan ke paket-paket lainnya.

Audio Conference mempunyai kelebihan dibandingkan web conference dan video conference karena biaya yang relatif lebih murah. Biaya yang perlu dianggarkan untuk mengadakan audio conference hanya mencakup biaya pembelian unit telepon dan biaya percakapan jarak jauh yang dilakukan melalui telepon. Namun, kelemahan audio conference adalah hilangnya koneksi personal dalam bisnis ketika hanya suara kolega yang bisa terdengar. Lelucon dan ucapan dapat ditangkap bermakna beda saat pembicaraan dilakukan tanpa bisa melihat wajah dan ekspresi pembicara. Kelemahan lain yakni kualitas panggilan menjadi menurun saat pihak dari lokasi lain ditambahkan ke dalam percakapan telepon tersebut. Saat beberapa pihak terlibat dalam satu pembicaraan dalam satu panggilan secara bersamaan, maka kemungkinan pihak-pihak tersebut berbicara dalam satu waktu yang sama menjadi lebih besar. Konsekuensinya, satu sama lain tidak dapat menyampaikan gagasan dengan efektif.

2.      Web Conference

Conference call kini bisa digunakan tergabung dengan web conference sebagai pelengkap, dimana presentasi atau dokumen dapat dibagi dan disebarluaskan melalui internet. Penggabungan ini memungkinkan penelepon yang terhubung dalam satu panggilan secara bersamaan dapat melihat isi dari dokumen tersebut, yakni laporan perusahaan, bagan penjualan, dan data perusahaan yang dipresentasikan oleh salah satu partisipan web conference.

Keuntungan utama dari web conference adalah presenter dokumen dapat memberikan penjelasan mendetail mengenai suatu dokumen, sementara peserta web conference lain dapat secara serempak melihat dokumen presentasi tersebut. Dokumen yang dikirim lewat surat elektronik ini kemudian diapresiasi dengan analisis oleh para peserta dan respon dapat didiskusikan dengan cepat tanpa menunggu komunikasi yang dilakukan melalui surat elektronik atau panggilan telepon biasa. Web conference bisa dilakukan tanpa biaya.

Keuntungan lainnya dalah web conference memungkinkan peserta telepon dapat mengetik atau berbicara dalam satu waktu bersamaan tanpa kemungkinan tidak didengar seperti yang terjadi pada audio conference. Hanya saja, web conference memiliki kelemahan serupa dengan audio conference, yakni sulit untuk menilai keseriusan atau humor seseorang dalam bentuk komentar yang diketik, juga tak ada kepribadian yang tergambar dalamnya. Selain itu, kendala mengenai teknologi juga memegang peranan signifikan. Bagi mereka yang tak biasa menggunakan teknologi, pemanfaatan web conference menjadi kurang efisien.

Untuk menjalankan web conference biasanya menggunakan aplikasi (software) khusus yang disediakan oleh provider web conference dengan cara berlangganan, dan memanfaatkan teknologi internet khususnya TCP/IP connection.

Berbeda dengan video conference, untuk melakukan web conferencecukup menggunakan perangkat komputer yang dilengkapi dengan perangkat multimedia yang memadai seperti webcam, microphone dan speaker, serta koneksi internet.
Dengan fitur yang lebih banyak, perangkat web conference lebih sederhana dibanding video conference biasa. Web conference banyak digunakan untuk kegiatan-kegiatan seperti seminar atau workshop online.

3.      Video Conference

Video conference adalah layanan yang menyediakan fasilitas untuk mempertemukan dua pihak atau lebih yang berada di lokasi yang berbeda, menggunakan jaringan komputer dengan komunikasi Audio dan Video. Cara komunikasi ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk saling melihat dan mendengar dan memiliki banyak keuntungan dibandingkan hanya konferensi audio saja. Dengan kata lain, konferensi video adalah teknologi menggunakan video dan suara untuk menghubungkan peserta atau user yang berjauhan satu sama lain melalui internet, dimana seolah olah mereka berada di ruangan yang sama yang saling mengintregasi. Setiap pengguna dapat melihat dan mendengar satu salam lain secara real time, dan memungkinkan percakapan secara alami.

Untuk melakukan video conference dapat memanfaatkan teknologi jaringan IP (melalui internet) dan teknologi ISDN (Integrated Services Digital Network).

Meskipun video conference memiliki kelebihan dengan adanya tampilan visual (video), penggunaan fasilitas telekonferensi ini masih kurang populer di Indonesia karena beberapa hal berikut :
         Dibutuhkan perangkat khusus seperti video input (video camera atauwebcam) dan video output (monitor), audio input (microphone) danaudio output (speaker) serta fasilitas data transfer (jaringan telepon ISDN, LAN atau Internet)
         Biaya yang relatif mahal
Saat ini video conference lebih banyak digunakan oleh media televisi dan perusahaan-perusahaan berskala besar. Selain video conferencing yang membutuhkan perangkat-perangkat khusus, ada juga layanan video conferencing yang hanya membutuhkan komputer / laptop. Tipe-tipe video conferencing ini juga bisa disebut Cloud Video Conferencing atau Cloud Meeting. Mengapa dipanggil cloud / komputasi awan? Karena, hanya dengan perangkat laptop / komputer biasa dan koneksi internet yang bagus, anda bisa melakukan video conferencing.

Video conference secara luas banyak digunakan di sektor industri. Banyak perusahaaan multinasional menggunakan video conference sebagai sarana berkomunikasi dengan mitra mereka di Negara yang berbeda. Sedangkan untuk usaha menengah, mereka menggunakan video conference untuk memungkinkan pelanggan dan pemasok dari berbagai Negara.Video conference juga sangat sangat menarik digunakan di dunia pendidikan (solusi e-learning) dan bisnis. Dengan menggunakan video conference serasa lebih dekat dengan sesame pengguna (tatap muka), sehingga akan menciptakan penghematan baya dan waktu. Banyak universitas telah mengadopsi video sebagai media untuk pengajaran, dan juga para pengusaha di seluruh dunia yang menggunakan video conference sebagai sarana untuk dapat tetap berhubungan dengan orang lain.Video conference adalah suatu bentuk komunikasi yang sangat berguna karena menghemat waktu dan biaya perjalanan bagi orang-orang. Video conference antara dua orang (point to point) atau antara banyak orang (multi point). Selain transmisi audio dan video antara orang-orang, video conference juga dapat berbagi dokumen.
6.  Hambatan teleconference
Hambatan Dalam Teleconference
     Teleconference adalah suatu program yang memungkinkan kita untuk membuuhkan koneksi jaringan seperti paket data, WiFi/Hotspot. Dalam hal ini pastinya ada kendala yang akan terjadi seperti buruknya jaringan karena faktor cuaca sehingga akan berpengaruh pada kegiatan teleconference menjadi lemot atau bisa juga sambungan menjadi terputus. Adapun kendala lain yang bisa terjadi dalam kegiatan teleconference ini misalnya perangkat yang dibutuhkan tidak mencukupi atau kurang terkondisikan sehingga bisa mengakibatkan komunikasi menjadi tidak lancar.


BAB III
PENUTUP
   

A.      KESIMPULAN
                Perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan pada proses penyampaian informasi. Bentuk informasi yang disampaikan tidak hanya audio, tetapi juga visual. Teleconference mengandung beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari baik bagi pelajar, guru/dosen, maupun bagi perusahaan. Selain itu teleconference juga dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Tidak hanya manfaat saja yang terkandung dalam teleconference tetapi juga ada dampak yang ditimbulkan baik berupa dampak postif maupun dampak negatif. Terdapat tiga jenis teleconference yang beredar dan berkembang di Indonesia yaitu video conference, audio conference, dan web conference.
    Telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video. Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi di mana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker. Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.

            Perkembangan teknologi komunikasi membawa perubahan pada proses penyampaian informasi. Bentuk informasi yang disampaikan tidak hanya audio, tetapi juga visual. Teleconference mengandung beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari baik bagi pelajar, guru/dosen, maupun bagi perusahaan. Selain itu teleconference juga dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan. Tidak hanya manfaat saja yang terkandung dalam teleconference tetapi juga ada dampak yang ditimbulkan baik berupa dampak postif maupun dampak negatif. Terdapat tiga jenis teleconference yang beredar dan berkembang di Indonesia yaitu video conference, audio conference, dan web conference.


B.      Saran
Dengan kemajuan teknologi saat ini, kita seharusnya dapat bekerja dengan cerdas dengan memanfaatkan berkembangnya teknologi. Dan diharapkan dengan adanya teknologi Teleconference ini, dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya.
1.      Diharapkan kepada masyarakat untuk menggunakan teknologi dengan bijak
2.      Sebaiknya masyarakat menggunakan teknologi seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari teknologi tidak terjadi.
3.      Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat diharapkan dapat memberi manfaat dan dapat menunjang dalam kehidupan masyarakat sehari-hari.
4.      Dapat bekerja cerdas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini
5.      Dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada
6.      Diharapkan dengan adanya teknologi ini dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya






DAFTAR PUSTAKA



































penyusun @uldiguntur_

Komentar